Tuesday, 1 May 2012

Sign Up di Fanfiction.net (UPDATE : New Interface)

Oke, kali ini saya akan memberi tutorial mengenai cara mendaftar di situs fanfiction.net. Seperti halnya cara mempublish fanfic, ini pertanyaan kedua yang sering ditanyakan banyak orang kepada saya.
Langsung saja! :)



1. Pertama, masuk ke situs fanfiction.net. Lalu klik text 'Sign Up' yang ada dipojok kanan atas. Atau, kalau mau praktis, langsung disini.
 

2. Setelah diklik, akan muncul formulir seperti ini :
 
 Nah, silakan di isi formulir tersebut. Berikut panduannya :

- Username/Pen Name => di kolom ini tulis nama pena atau username yang kamu inginkan, misalnya pen name saya yang bernama '4869fans-nikazemaru'.


- Email => pada kolom 'email' tuliskan alamat e-mail kamu. Oya, alamat e-mail ini harus benar-benar ada (bukan fiktif) dan masih aktif sehingga masih bisa kamu akses. Tentu saja diutamakan alamat e-mailnya kepunyaanmu sendiri (kalau belum punya alamat e-mail, silakan membuat dulu)
- Password => pada kolom password, isikan password yang kamu ingin gunakan. Oya, dulu fanfiction.net menerapkan aturan bahwa password yang kamu gunakan HARUS berupa kombinasi HURUF dan ANGKA/SIMBOL dengan panjang password minimal 6 karakter. Walau sudah bikin password panjang, tapi kalau tidak ada kombinasi antara huruf dan angka, fanfiction.net tidak mau menerimanya. Tapi, sepertinya aturan itu sudah tidak berlaku di interface yang baru ^w^

- Jangan lupa baca ini ya~


- Siiip? Udah terisi semua? Kalau sudah, langsung saja klik Sign Up!

3. Taraaaaa! Kamu berhasil membuat akun di fanfiction.net! (muncul teks warna hijau)

4. Nah, agar bisa menggunakan akun ini, jangan lupa untuk mengaktifkan dulu akun tadi. Caranya adalah dengan mengecheck inbox yang ada di alamat e-mailmu (inilah alasan mengapa kamu harus memiliki e-mail). Disana seharusnya ada satu pesan baru dari fanfiction.net. Buka pesan tersebut, lalu klik link untuk aktifasi akunmu yang ada di dalam pesan baru itu. Tunggu beberapa saat untuk proses... Yaaak~ Selesai sudaaaah!! Kamu sudah resmi menjadi member di fanfiction.net dan bisa leluasa memakai akun tadi.

Catatan (HARAP DIBACA) : 
- kalau kalian ingin mempublish fanfic, masih belum bisa. Kalian baru diperbolehkan untuk mempublish fanfic 3 hari setelah pendaftaran. Tapi, kalau hanya untuk review/fave/follow saja sudah bisa, kok! ^w^
- ngerasa nggak dapat e-mail aktivasi? Check folder spam/junk di e-mail-mu. Kalau tidak ada juga, re-register lagi.

Sekian, semoga bisa membantu! :)
Oya, bila ada kesulitan, silakan komplain/berkomentar pada kolom komentar. Sesegera mungkin, pasti akan saya tanggapi/balas dan saya bantu!

70 comments :

  1. Ketika saya memasukan alamat email @yahoo.com, balasannya 'do not match' terus (tidak sesuai). Apakah itu tandanya alamat email saya tidak aktif? Padahal ketika saya pakai di multiply, ada respon masuk ke inbox mail saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Evi~ Terima kasih sudah berkunjung di blog saya :)
      Hmm, 'do not match'?
      Bukan, bukan alamat e-mailmu, kok, penyebabnya. Buktinya bisa terima pesan dari FFn.
      Sebentar, pertama-tama, saya... Umm, maaf, nih, mau tanya. Umur Evi berapa? Oya, trus bisa tolong di sertakan pesan lengkapnya yang kamu terima itu? :)
      Pasti nanti saya bantu, kok!

      Delete
  2. 17th,. Trimaksih juga infonya,.
    Kmarin saya sudah daftar kembali, hanya saja sblumnya saya daftar dhulu di hotmail, dan memakai alamat hotmail, dan sekarang sukses ada respon dan tlah di confirm.
    Tetapi untuk langkah selanjutnya saya tersesat cara menggunakannya,.
    Untuk mengirim cerita, saya masih kesulitan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah sudah bisa :)
      Selamat! Sudah jadi member FFn!!

      Oooh, kalau mengirim cerita baru boleh nanti setelah 3 hari :)
      Jadi, sekarang kamu nulis/ngetik dulu fanfic/ceritanya di Microsoft Word dengan format dokumen .doc
      Tapi, untuk review, fave story/author, dan PM (Private Message), sih, sudah bisa, kok, dengan akun itu ^w^ Tinggal login saja dengan klik 'Sign In'.

      Kalau sudah 3 hari, kamu bisa coba publish fanficnya dengan begini => http://4869-nikazemaru.blogspot.com/2012/04/tutorial-mempublish-fanfic-di.html

      Semoga kerasan di FFn!

      P.S : jangan sungkan buat tanya lagi :)

      Delete
  3. Mmh.. Iya",.
    Sblumnya sdah baca kok di blognya..
    Hanya skdar memastikan..
    0 y, situs fanfic ada versi indonesia nya gak?
    Soalnya saya gak jago inggris lohh :)
    *kuper*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh, ok2!! :)

      Situs fanfic bahasa Indonesia? Nggak ada sepertinya. Paling hanya berupa blog-blog begitu. Kalau situs, adanya untuk cerita biasa, bukan fanfic ^w^

      Ah, jangan begitu. Kan bisa sekalian belajar? :)
      Lagipula fanfiction.net itu termasuk situs fanfic paling gampang dan lengkap. Soalnya disitu kita bisa publish fanfic sesuai bahasa kita. Kalau situs lain, biasanya nggak ada, deh, menu untuk pilihan fanfic ber-Bahasa Indonesia.

      Pokoknya jangan takut buat tanya kalau ada masalah ^w^

      Delete
  4. mau tanya dong..
    trus kalau mau nge publish fic gimaana dong? :D
    thanksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Merica~
      Hayooo, coba di check di blog ini. Sudah saya post, lho, cara publish fanficnya ^w^

      Delete
  5. makasih buat infonya....dan fic GHOST HUNTER nya tolong diuppdate ya....author favorite gue sepanjang masa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww, thanks udah setia baca fanficku~ :D Kupikir udah pada lupa sama fanficku, ahaha... *plak*

      Udah update, lho, chapter 21, dah baca, kan?

      Delete
  6. nama akunnya apa di FFn, biar sekalian belajar di FFn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeeh, udah saya cantumkan, lho, di deret 'My Account' di blog ini. Silakan check~ :)

      Delete
  7. Sebelum itu mau cerita gw ternyata pairing narusaku tu kok banyak yg ngefans padahalkan H0M0

    ReplyDelete
    Replies
    1. NaruSaku? Bukannya NaruSasu yak yg H0M0? ^_^a Mungkin maksudmu yang NaruSasu... Kalau NaruSaku itu artinya Naruto ma Sakura. Kalau NaruSasu, Naruto sama Sasuke.

      Eeh, entahlah. Soalnya saya bukan fans NaruSasu, ahaha. Mending Naruto sama Hinata *plak*

      Umm, krn banyak hintsnya, mungkin? Jadinya makin populer gitu.

      P.S : btw, kita pernah kenal ya? Namamu familiar.

      Delete
  8. kalo ternyata uid nya beda yang dikirim dari fanfiction.net sama akun aku gimana?

    ReplyDelete
  9. waktu itu aku udah sign up dan buat akun d ffn. Tapi setiap kali mau login gx pernah bisa..dan pas mau bikin akun baru pake nama yang sama kaya kemaren gx bisa..apa mungkin gara2 aku bikin password tanpa gabungan huruf sama angka, soalnya q ngga tau..ini gimana bisa d kasih tau..pengin bisa komen pake login..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, bukan masalah passwordnya, kok!

      Kamu sudah verifikasi e-mail?
      Akun FFn tidak akan bisa diaktifkan kalau kamu belum verifikasi e-mail ^.^

      Delete
  10. kenapa pas aku klik sign up ko tampilannya beda sama gambar yang diatas ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe, maaf, ini interface FFn yang lama. Nanti segera saya ganti dengan interface yang baru ^.^
      Tapi, intinya tetap sama, kan? *plak*

      Delete
  11. kok kenapa alesannya kudu nunggu 3 hari? tadi aku sign up trus udah punya akun trus tapi bisa langsung dipost ffnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jangan tanya saya. Aturan FFn memang gitu, harus nunggu 3 hari setelah akun dibuat baru punya akses untuk publish fanfic ^_^a

      Eh? Yang benar? Itu akunnya benar2 belum 3 hari? Ntar coba saya cek, deh. Mungkin aturan FFn baru saja ganti.

      Delete
  12. kakak,boleh minta alamat email kakak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, nikazemaru@gmail.com :)

      Delete
  13. emz aq mau tanya,setiap aq klik sing up yang keluar tulisan hijau pakek bhs.inggris#aq gc tau artinya# nah itu artinya dah berhasil pa blm? trus aq cek ke emailku gx ada inbox dari ffn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai teks hijau, biasanya berarti udah berhasil :3
      Hmm, harusnya, sih, ada itu. Itu benar inbox e-mail kau pakai daftar, kan?

      Delete
  14. e mail google boleh gk cuy.
    nulis gi mana,.,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Ya tulis biasa saja. Misalnya skfhak@gmail.com.

      Delete
  15. Wah pake E-mail google bisa gk aku gk sabar ingin mempublis Fic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Pokok alamat e-mail yg aktif :)

      Delete
  16. hueeeee, gue mau log in ffn gue tapi paword gak bisa diterima. padahal gue udah dafter, trus di e-mail box gue di yahoo gak ada pesan dari ffn, kenapaaaaaaaaaaaaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftarnya itu berhasil, kan? Kalau berhasil, harusnya di inbox ada pesan dari FFn.

      Delete
  17. gak bisa daftar kak, udah ulang-ulang tapi tetep gak bisa. nanti error melulu jadinya. apa sih yang salah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Error seperti apa? Bisa tolong diceritakan?

      Delete
  18. Kakaq, kalo ngirim cerita lewat hp ke FFN bisa nggak..? *maaf baru belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Etto, belum pernah mencoba. Tapi, sepertinya lebih baik jangan lewat hp ^_^
      Takutnya koneksi untuk upload nanti tidak stabil dan lainnya...

      Delete
  19. kak kan kalo mau baca ff kita diwajibkan masukin character language dll. Kenapa sekarang semacam ada filters gitu kak? Terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngg, nggak wajib, sih, asal kamunya nggak masalah dengan suguhan daftar fanfic2 yang campur aduk dari berbagai bahasa dan pair muncul *dor*

      Mungkin untuk peningkatan, biar lebih memudahkan pengunjung FFn untuk menemukan fanfic yang ia cari ^_^

      Delete
  20. Kakak, makasih informasinya (^_^). O ya, salam kenal~~

    ReplyDelete
  21. fanfiction yang sekarang kok ribet ya min,, g' ngeti sama sekali,,, bru seminggu g' buka fanfiction,,,eh,,, dah beda aja cara bukanya,,, mohon pencerahanya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa? Padahal menurutku FFn itu situs fanfic paling user friendly dan paling rapi, lho~
      Bukanya sama aja, kok. Mungkin kamu bingungnya cuma karena interfacenya jadi beda. Lama2 juga biasa, kok :)

      Delete
  22. kak, aku bingung.... passwordnya itu lho.. kok nggak di kasih tau ke aku..

    ReplyDelete
  23. Maaf mengganggu, saya ingin bertanya bagaimana caranya memasukkan fanfic ke dalam fanfiction?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk publish, silakan lihat disini : http://4869-nikazemaru.blogspot.com/2012/04/tutorial-mempublish-fanfic-di.html

      Sudah punya akun, kan? Kalau belum, bikin dulu ya~ :)

      Delete
  24. Hai kakak
    Aku mw tnya. Knapa ya tiap kali publish ff, pas aku cari di "update date" sejam kemudian, g ada mucul ff ny. Tp klo di search pake kyword, ff ny ada. Dan lagi klo search by author, tmpilan akun ny beda dg author lain. Ak login ff pake email yahoo. Apa itu ngaruh kakak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehem, memang FFn lagi memproses fanfic yang baru kita publish/update, jadi ya wajar kalau seperti itu, masih nggak stabil... Nggak perlu terlalu dipikirkan, ini normal, kok ^_^a

      Delete
  25. baru aj gw nge daftar
    yeeeeeeeeeeeeeeeee thhhhhhhaaaannnkkksssssssssss
    tpi, gimana cara memfublish nya????

    ReplyDelete
  26. aku udah msk, tpi masih bngng cra buat bkn fanficnya, pertama-tama itu gi mana ya????

    ReplyDelete
  27. Hai kakak.
    Aku mau nanya,kalau buat akun ff buat sekedar comment atau review aja boleh nggak sih kak?
    Makasih buat balasannya nanti;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga :)
      Boleh, kok, nggak ada ngelarang.
      Kan ada author yang menyetting fanficnya agar hanya bisa di review member, jadi bikin akun hanya untuk review/fave/follow pun kurasa nggak ada masalah~ :)

      Delete
  28. kak terima kasih infonya.. jd ada keluar teks hijaunya dan dptt e mail masih harus tunggu proses ya??

    ReplyDelete
  29. kak udah bikin akunnya udah dpt email tp waktu link tulisannya activation error. mohon penjelasannya. kpn kakak lanjut fic Wake up Fubuki??

    ReplyDelete
  30. fictionpress sama kan seperti fanfic???
    kalo pake email yahoo kok gk ada kiriman dari fictionpressnya??
    padahal tadi udah bikin akun tapi kok gk bisa login??

    ReplyDelete
  31. mau tanya, berati kita bikin fic nya itu di Microsoft ya bukan di Fanfiction? jadi Fanfiction itu kayak cuma share Fic dari file kita atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau buat fic di FFn langsung bisa kok :) caranya klik Publish -> Doc Manager. Nah, nanti ada muncul label seperti itu kan? Klik aja Copy-N-Paste. Udahh, ketik aja ficnya disitu

      Ngga ngerti? Sama, saya juga ngga ngerti #jduak

      Delete
  32. kakak...makasih q udah punya akun..

    ReplyDelete
  33. Gimana cara login nya kak aku bingung urutannya

    ReplyDelete
  34. Panggil aja aku Selu. Gini, aku mau nanya. Gimana caranya biar bisa menambahkan fanfic favorite kita??? Aku bingung banget, udah coba beberapa kali tapi nggak bisa-bisa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, hai, Selu, maaf ya baru balas sekarang :)
      Eh? Memang awalnya kamu menambahnya bagaimana?
      Sebelum fave kamu udah login ke akun FFn-mu belum? Kalau belum, login dulu, baru nanti bisa follow/fave fanfic.

      Oke, kalau sudah login, lanjut ke cara fave fanfic... Buat gampangnya, kita pakai cara yang buat fave langsung di fanficnya. Jadi, buka saja fanfic yang ingin di fave itu.

      Untuk fave lewat komputer/PC : kalau hanya mau fave saja tanpa review tinggal klik '<3 Follow/Fav' yang ada di samping summary/profil fanfic itu atau yang ada di paling bawah page. Nanti muncul pilihan2 untuk follow atau fave (bisa follow/fave author/story-nya saja, bisa juga keduanya). Untuk fave fanfic, berarti tinggal centang/klik aja 'Story' yang ada di bawah tulisan 'Favorite'. Terakhir klik 'Save' dan selesai.

      Untuk fave lewat hape : ini lebih gampang lagi. Tinggal centang kolom 'Fave' yang ada di pilihan 'Story :' lalu klik Go.

      Delete
  35. Kak, skarang aq lg nyoba daftar d ff. Waktu utk menunggu proses itu brp lama? Tolong d bls skarang!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas.
      Sehari juga selesai, kok, kalau cuma daftar FFn.

      Delete
  36. Senpai,aku itu baru aja mau bikin akun,tapi baru buka FFN aja yang muncul malah 'problem loading page'.Aku udah coba dari kemaren-kemaren,waktu mau baca fanfic,tapi eror.Apa FFN emang gak bisa dibuka,ya senpai?Atau kompie n nomor sim aku yang masalah?
    Toloooong banget senpai.Aku pengen bikin akun FFN biar ada yang bisa baca Fanfic aku walau cuma dikit....:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf, baru balas sekarang...
      Kalau seperti itu, berarti FFn kena 'internet positif' alias lagi di blokir sama provider/ISP-mu. Untuk lebih jelasnya, coba aja buka homepage FFn (fanfiction.net), bila beneran di blokir biasanya ntar di alihkan ke halaman yang menerangkan kalau FFn kena 'internet positif' alias sedang di blokir.

      Tapi ada cara untuk menembus blok ini, kok. Coba cari di google :)

      Delete
  37. kalau mau mengetahui cara kita di fave,gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya? Ini mau tahu cara ngefave apa kamu mau tahu siapa aja ngefave kita/fanfic kita?

      Delete
  38. Kok sering ada verivication error gitu sih?Kayak keynya salah dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, aku lupa mengupdate post ini sepertinya...
      Yah, munculnya verification error itu karena kamu salah/tidak mengisi kolom kode chapta. Sewaktu mau login maupun sign up, jangan lupa mengisi kolom yang di bawah kotak gambar dengan angka/huruf itu. Tinggal ketik ulang apa yang tertulis di gambar, kok :)

      Delete

Free Lines Arrow